Selasa, 07 November 2017

Artikel Macromedia Flash 8

Mengenal Macromedia Flash 8

Macromedia  Flash  merupakan  aplikasi  yang  digunakan  untuk melakukan  desain  dan  membangun  perangkat  presentasi,  publikasi, atau aplikasi lainnya yang membutuhkan ketersediaan sarana  interaksi dengan penggunanya. Proyek yang dibangun dengan Flash  bisa  terdiri  atas  teks,  gambar,  animasi  sederhana,  video, atau efek-efek khusus lainnya.
Aplikasi ini diproduksi oleh Macromedia Corporation, sebuah perusahaan  pengembang  perangkat lunak  dalam  bidang  animasi, pengembangan  sistem web dan multimedia. Flash  dikembangkan sejak tahun 1996, dan pada walnya hanyalah merupakan program animasi sederhana GIF Animation, tetapi sekarang sudah berkembang menjadi apkilasi raksasa yang digunakan oleh hampir semuaorang  yang  menekuni  bidang  desain  dan  animasi  berbasis  komputer.
Sampai  saat  ini,  Macromedia  Flah  telah  dikembangkan  dalam beberapa  versi.  Setelah  sampai  pada  versi  Flash  6,  muncul teknologi Flash 7 yang dikenal dengan nama Macromedia MX dan yang terakhir sampai saat penulisan buku ini adalah Flash versi 8 atau dikenal dengan Macromedia Flash Professional 8.
Macromedia  Flash merupakan  aplikasi  interaktif  dengan berbagai kelebihan. Beberapa  faktor  yang mendukung  kepopuleran  Flash sebagai  sebuah  aplikasi  untuk  keperluan  desain  dan  animasi antara lain adalah memiliki format grafis berbasis vektor, kapasitas file hasil yang kecil, memiliki kemampuan  tinggi dalam mengatur interaktivitas program, memiliki kelengkapan fasilitas dalam melakukan desain, dan sebagainya.

Apa yang Dapat Dibuat dengan Flash?

Dengan aplikasi Macromedia Flash, Anda bisa membuat berbagai jenis aplikasi seperti:

Animasi.
Aplikasi yang menggunakan animasi tersebut misalnya  banner,  kartu  ucapan  online,  kartun, iklan, dan  sebagainya.  Macromedia  Flash  menyediakan  berbagai  elemen  animasi yang cukup lengkap.

Games. 
Beberapa game, terutama yang berbasis dua dimensi banyak  yang  dibangun  dengan  aplikasi  ini. Game  menggabungkan  kemampuan  animasi  pada  flash  dengan  bahasa skripting yang dimilikinya yang dikenal dengan ActionScript.

User  Interface.  
Aplikasi  user  interface yang biasa dibangun menggunakan Macromedia  Flash adalah aplikasi-aplikasi berbasis  web.  Interface  tersebut  biasanya  dilengkapi  dengan kotak-kotak navigasi sederhana sampai pada antarmuka yang lain yang lebih kompleks



Aplikasi  FMA  (Flexible Messaging  Area).  
FMA  merupakan area  pada  web  page  yang  dirancang  untuk  menampilkan pesan  tertentu  yang  bisa  berubah  setiap  waktu.  Sebagai contoh, FMA pada website restaurant, mungkin akan menampilkan menu  spesial  harian  yang  bisa  berubah  dari  waktu  ke waktu.

Reach  Internet  Application  (RIA).  
RIA  merupakan  aplikasi internet  yang  membutuhkan  tingkat  manipulasi  dan  transfer data yang tinggi. Beberapa aplikasi RIA yang didukung Macromedia Flash antara lain katalog belanja, test online, kalender, inventory online, sistem informasi akademik, dan sebagainya.

            Fitur Macromedia Flash 8

Secara umum,  penggunaan Macromedia  Flash menyediakan berbagai  kemudahan  dalam  pembuatan  desain  perangkat  publikasi. Beberapa  kelebihan  yang  dimiliki  aplikasi  ini  adalah  dalam  hal produktivitas,  ketersediaan  media  pendukung, dan  kemampuan improvisasi.

1.     Meningkatkan Produktivitas.

Beberapa fitur yang mendukung produktivitas pada aplikasi ini
antara lain:

Timeline effects. 
Anda dapat menerapkan timeline effects pada semua objek dengan cepat, baik untuk penggunaan transisi  maupun  animasi  seperti  fade-ins,  fly-ins,  blurs, dan spins.

Behaviors. 
Dengan behaviors, Anda dapat menambahkan interaktivitas ke dalam setiap isi Flash, tanpa harus menuliskan baris-baris kode (skrip). Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan  behavior untuk  melakukan  link  website, loading sound dan grafik, kontrol playback video, playing movie, dan sebagainya.

Mendukung  Aksesibilitas. 
Dukungan  aksesibilitas  yang disediakan, misalnya dengan  adanya  keyboard shortcuts untuk melakukan  navigasi,  kontrol  interface,  serta  beberapa  pekerjaan  dengan  elemen  interface  tanpa menggunakan mouse.

Template  yang  selalu  Updated.
Flash  menyediakan templates yang selalu updated untuk membuat presentasi, aplikasi  e-learning,  advertising,  aplikasi  mobile  device, dan lain sebagainya.



Integrated Help system. 
Macromedia Flash menyediakan panel bantuan yang  terintegrasi dengan referensi context, ActionScript,  dan  teknik-teknik  belajar  di  lingkungan Flash.
Spell checker. 
Macromedia Flash juga menyediakan fasilitas  spell  checker  seperti yang dimiliki beberapa  aplikasi pengolah  kata  untuk  mencari  teks-teks  yang  memiliki kesalahan dalam spelling bahasanya.


Find  and  Replace
Fasilitas  Find  and Replace digunakan untuk mencari dan atau mengganti  text,  jenis  huruf, warna, symbol, file suara, file video, atau file bitmap lainnya.

  2. Support Media Presentasi lainnya.

Macromedia  Flash  menyediakan  media-media  yang  mendu-
kung kualitas presentasi seperti:

High-fidelity  import. 
Dengan  high-fidelity import,  Macromedia  Flash  dapat  melakukan  impor  file  dari aplikasi-aplikasi lain seperti Adobe PDF dan Adobe Illustrator yang menyediakan  representasi  gambar-gambar representasi vector yang cukup akurat.

Video  Import wizard. 
Dengan  video  import  wizard maka  Anda akan dapat melakukan encode  video dan sekaligus mempermudah melakukan clip editing.

3. Improvement. 

Performa Flash Player pada Flash versi 8 ini  telah sangat meningkat. Demikian  juga  dengan ActionScript  yang  dimilikinya telah mematuhi standar ECMA.
ActionScript dimulai  dari  versi  2.0  merupakan bahasa pemrograman  yang  telah  berorientasi  objek (object-oriented  language) yang  mendukung  sifat-sifat inheritance, strong typing, dan event model. Hal ini akan mempermudah improvisasi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan interaktivitas desain flash.
Adanya History panel dapat melakukan tracking aktivitas (action)  yang  dilakukan  sehingga  dapat melakukan  pemakaian kembali perintah-perintah sebelumnya.



Proses Instalasi
Sebelum menjalankan aplikasi Macromeda Flash 8, terlebih dahulu harus  dilakukan  proses  instalasi.  Proses  instalasi  berarti  mema-sang software ke dalam sistem komputer kita, agar bisa dijalankan setiap  waktu. Untuk  melakukan  instalasi  program,  Anda  harus memiliki  CD  Master  Macromedia  Flash  8.  CD  master  aplikasi merupakan CD sarana instalasi program ke dalam komputer kita.Jika  CD  master instalasi  telah  disiapkan, masukkan  CD  tersebutke dalam CD ROM dan lakukan browsing menggunakan Windows Explorer.
1.      Cari  file Setup.exe dalam CD Macromedia Flash  8, kemudian klik ganda file tersebut
2.      Klik Next untuk melanjutkan proses instalasi. Akan muncul License Agreement
3.      License Agreement  berisi  tentang  aturan-aturan  lisensi  yang harus disepakati oleh pengguna aplikasi ini. Jika Anda setuju dengan  aturan  lisensi  tersebut,  pilih opsi I  Accept...  dan  klik Next.
4.      Isikan folder tujuan instalasi sesuai keinginan, kemudian tekan tombol Next.
5.      Setelah muncul kotak Ready to  Install. klik Next untuk melanjutkan proses.
6.       Proses  instalasi  akan  berjalan  dan  tunggu  sampai  kotak indikator menunjukkan proses sampai dengan 100% yang menunjukkan bahwa proses instalasi telah selesai.

Menjalankan Program Aplikasi
Jika program Macromedia Flash 8 sudah diinstal dalam komputer Anda,  selanjutnya program tersebut dapat  diaktifkan menggunakan Start Menu Program sebagai berikut.
1.      Klik menu Start -> Programs -> Macromedia
2.      Dari daftar pilihan yang muncul, pilih Macromedia Flash 8.
3.      Setelah klik ganda ikon Macromedia Flash,  selanjutnya  akan muncul tampilan
4.    Secara  umum  tampilan  yang  muncul  pertama  kali  pada aplikasi Flash seperti pada gambar di atas, menunjukkan tiga kelompok  menu  yang  bisa  dipilih, yaitu  Open  Recent  Item, Create New, dan Create from template
5.    Untuk masuk ke  layar editor Flash, pilih Create New -> Flash Document dan Anda akan masuk pada tampilan  layar  editor Macromedia Flash 8

6.  Jika layar monitor sudah menunjukkan tampilan seperti di atas, maka proses instalasi program telah berhasil dilakukan.










http://triantika629.blogspot.co.id/2017/11/materi-macromedia-flash-8.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar